Spiga

World Wide Web

A. Pertanyaan dan jawaban singkat tentang World Wide Web
________________________________________
1. Apa yang dimaksud dengan World Wide Web?
 World Wide Web (WWW) biasanya disebut sebagai Web.
 Web adalah sebuah jaringan komputer (network) yang terdapat diseluruh dunia.
 Semua komputer dalam Web dapat berkomunikasi satu sama lainnya.
 Semua komputer menggunakan standart komunikasi yang dinamakan HTTP.
________________________________________
2. Bagaimana WWW bekerja?
 Informasi Web disimpan dalam dokumen disebut Web pages.
 Web pages adalah file yang disimpan pada komputer disebut Web servers
 Komputer pembaca Web pages disebut Web clients
 Web clients menampilkan page dengan program disebut sebagai Web Browser.
 Browser yang populer diantaranya adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator.
________________________________________
3. Bagaimana caranya browser menjemput pages ?
 Browser menjemput sebuah Web page dari sebuah server dengan menggunakan request (permintaan).
 Sebuah request adalah standart dari permintaan HTTP yang berisi sebuah page address.
 Sebuah page address diperlihatkan seperti bentuk berikut ini: http://www..tedcbandung.com/index.htm.
________________________________________
4. Bagaimana caranya browser menampilkan pages ?
 Didalam semua Web page terdapat instruksi atau perintah-perintah yang berfungsi untuk menampilkan isinya.
 Browser menampilkan isi page dengan membaca instruksi baris per baris.
 Instruksi untuk menampilkan pada umumnya disebut HTML tags.
 Contoh HTML tags seperti berikut :

Ini sebuah Paragraph

.
________________________________________
5. Siapa yang membuat Standart Web ?
 Pembuat Standart Web bukan Netscape atau Microsoft.
 Pembuat aturan body (kerangka) Web adalah W3C.
 Pendiri W3C adalah World Wide Web Consortium.
 W3C membuat spesifikasi untuk standart Web secara bersama-sama.
 Standart Web yang terpenting dan umum adalah HTML, CSS and XML.
 Standart HTML yang terbaru adalah XHTML 1.0.

________________________________________
B. Pertanyaan dan jawaban lengkap tentang World Wide Web
________________________________________
1. Bagaimana cara kerja World Wide Web ?
 World Wide Web adalah koleksi informasi yang sangat luas, itu dihasilkan dari ratusan ribu komputer dari seluruh dunia. Bila Anda mengakses dokumen dari Web, maka banyak pandangan yang melatarbelakanginya. Disini akan diuraikan deskripsi sederhana tetang pandangan tersebut.
 World Wide Web adalah sebuah jaringan yang terdiri dari ribuan komputer, semuanya itu dikelompokkan menjadi dua kategori yakni: clients and servers. Melalui penggunaan software khusus mereka dapat dibentuk menjadi satu jenis jaringan yang disebut “a client-server network” ini bukan sesuatu yang mengherankan.
 Servers menyimpan informasi dan melakukan proses permintaan clients. Kemudian server mengirimkan permintaan informasi ke clients. Informasi ini terdiri dari berbagai jenis data diantaranya, images, sounds, dan text. Server juga mengirimkan instruksi-instruksi cara menampilkan informasi ke client. Instruksi ini dikirimkan dalam bentuk format “Hypertext Markup Language” (HTML).
 Clients membuat permintaan untuk Informasi dan juga mengambil alih tugas untuk menampilkan Informasi ke layar komputer. Bila Anda menggunakan sebuah Web browser untuk menuntun ke Web, maka software browser akan berperan sebagai sebuah client.
 World Wide Web adalah sebuah jaringan distribusi (distributed network). Artinya tidak ada komputer pusat (central) untuk World Wide Web. Beberapa server pada Web dapat diakses secara langsung melalui sebuah client. Bila sebuah server pada World Wide Web mengalami kegagalan pemakaian (tidak berfungsi), itu bukan berarti efek dari perbuatan dari server lain.
 Pemakai mengendalikan World Wide Web melalui penggunaan hubungan hypertext (hypertext links). Bila Anda memilih atau meng-click pada sebuah hypertext link, itu artinya Anda pergi ke area lain pada Internet. Hampir semua dokumen dalam Web terhubung melalui penggunaan hypertext links.
 Kebanyakan dokumen pada World Wide Web ditulis dalam bentuk Hypertext Markup Language (HTML). HTML menyediakan instruksi-instruksi untuk software client dalam hal bagaimana dokumen tersebut akan di displaykan. HTML juga memiliki informasi tentang bagaimana menyambungkan sebuah dokumen ke dokumen lainnya pada Web.
________________________________________
2. Bagaimana URLs bekerja?
 Hampir semua item informasi pada World Wide Web dapat diakses secara langsung. Itu disebabkan oleh setiap dokumen, file, dan image, telah memiliki alamat yang spesifik. Alamat ini disebut sebagai Uniform Resource Locators (URLs). URLs digunakan oleh software Web browsing untuk menuju lokasi dan meng-akses informasi pada World Wide Web. Cara berpikir dari URLs sebagai penunjuk pengalamatan untuk Internet.



 Gambar 1-1: Penulisan Alamat Web
 Bagian pertama dari URL disebut sebagai protocol. Biasanya ditulis dengan http://, yakni singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Beberapa URLs dimulai dengan protocol yang berbeda seperti ftp:// atau news://. Bila Anda meng-akses sebuah dokumen dari hard disk local melalui Web maka URL akan dimulai dengan tulisan file://.
 Bagian kedua dari URL (www.zdnet.com) disebut sebagai domain name. Bila Anda sudah pernah menggunakan e-mail pada Internet, besar kemungkinan hal ini sudah anda ketahui. Domain menggambarkan nama dari server yang akan anda sambungkan / hubungi.
 Bagian ketiga dari URL (~zdi/software/win95) disebut sebagai directory path. Ini menunjukkan area spesifik pada server dimana item tersebut ditempatkan. Directory paths pada Web servers bekerja seperti pada hard disk di komputer desktop Anda. Untuk menuju lokasi tempat file pada server, pertama sekali anda harus mengindikasikan direktorynya.
 Bagian keempat dari URL (utils.html) disebut sebagai document file name. Ini mengindikasikan file yang akan diakses. Biasanya bentuk filenya adalah HTML, tetapi kadang-kadang dapat juga berupa sebuah image , sound, atau file bentuk lainnya.
 Kadang-kadang URL memiliki bagian kelima (#WINZIP) disebut sebagai anchor name. Ini penunjuk ke bagian tertentu pada bagian dalam dokumen HTML. Dia selalu didahului dengan tanda pagar (#). Anchors sangat berguna dalam pengelolaan dokumen yang besar.
________________________________________
3. Bagaimana menggunakan sebuah Web Browser ?
Web browser Anda adalah pintu gerbang Anda untuk menuju World Wide Web. Browser adalah software client yang mengizinkan Anda untuk mengakses dan menampilkan beberapa dokumen pada Web. Ada beberapa macam Web browser, yang mungkin berkembang dan bertambah setiap tahunnya. Bila anda selalu menggunakan Web ada baiknya untuk selalu memperbaharui software sesuai dengan perkembangannya. Berbeda Web browser berarti ada perbedaan kemampuan dan masing-masing akan menampilkan halaman dengan berbagai variasi. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan Web browser dari Microsoft yakni Internet Explorer versi 5.00 salah satu browser yang populer saat ini disamping browser lain, misalnya Netscape atau Opera.

0 komentar: